Loading
Sustainable Development Goals

Pendidikan Bermutu


Sejak tahun 2000, telah terjadi kemajuan besar dalam mencapai target pendidikan dasar universal. Tingkat partisipasi total di wilayah berkembang mencapai 91 persen pada tahun 2015, dan jumlah anak putus sekolah di seluruh dunia telah turun hampir setengahnya. Ada juga peningkatan dramatis dalam tingkat melek huruf, dan lebih banyak anak perempuan bersekolah daripada sebelumnya. Ini semua adalah keberhasilan yang luar biasa. Kemajuan juga sulit di beberapa daerah berkembang karena tingginya tingkat kemiskinan, konflik bersenjata dan keadaan darurat lainnya. Di Asia Barat dan Afrika Utara, konflik bersenjata yang sedang berlangsung telah menyebabkan peningkatan jumlah anak putus sekolah. Ini adalah tren yang mengkhawatirkan.

Sementara Afrika Sub-Sahara membuat kemajuan terbesar dalam pendaftaran sekolah dasar di antara semua wilayah berkembang dari 52 persen pada tahun 1990, hingga 78 persen pada tahun 2012 kesenjangan yang besar masih tetap ada. Anak-anak dari rumah tangga termiskin berpeluang empat kali lebih besar untuk tidak bersekolah daripada anak-anak dari rumah tangga terkaya. Disparitas antara desa dan kota juga masih tinggi. Pencapaian pendidikan yang inklusif dan berkualitas untuk semua menegaskan kembali keyakinan bahwa pendidikan adalah salah satu kendaraan yang paling kuat dan terbukti untuk pembangunan berkelanjutan. Tujuan ini memastikan bahwa semua anak perempuan dan laki-laki menyelesaikan sekolah dasar dan menengah gratis pada tahun 2030. Tujuan ini juga bertujuan untuk memberikan akses yang sama ke pelatihan kejuruan yang terjangkau, menghapus kesenjangan gender dan kekayaan, dan mencapai akses universal ke pendidikan tinggi yang berkualitas.


Tetap    Sementara    Sangat Sementara    n/a Tidak Ada   

Kode Indikator Indikator Sumber Data Satuan Baseline (2018) Realisasi Pencapaian
2019
2020
2021
2022
2023
Target 4.1. Pada tahun 2030, menjamin bahwa semua anak perempuan dan laki- laki menyelesaikan pendidikan dasar dan menengah tanpa dipungut biaya, setara, dan berkualitas, yang mengarah pada capaian pembelajaran yang relevan dan efektif.
4.1.1 Angka Partisipasi Kasar (APK) SD/MI/sederajat. Dinas Pendidikan % 116,06 111,24 109,81 108,43 106,00 -
4.1.2 Angka Partisipasi Kasar (APK) SMP/MTs/sederajat. Dinas Pendidikan % 133,45 127,59 132,79 129,13 129,05 -
4.1.3 Angka Partisipasi Kasar (APK) SMA/MA/sederajat. Badan Pusat Statistik % 95,22 96,76 94,13 95,57 106,50 -
4.1.4 Angka Rata-rata Lama Sekolah Dinas Pendidikan Tahun 9,91 9,92 9,93 10,15 10,45 -
Target 4.2. Pada tahun 2030, menjamin bahwa semua anak perempuan dan laki-laki memiliki akses terhadap perkembangan dan pengasuhan anak usia dini, pengasuhan, pendidikan pra-sekolah dasar yang berkualitas, sehingga mereka siap untuk menempuh pendidikan dasar.
4.2.1 Angka Partisipasi Kasar (APK) Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Dinas Pendidikan % 99,00 98,46 92,84 88,82 92,84 -
Target 4.3. Pada tahun 2030, menjamin akses yang sama bagi semua perempuan dan laki-laki, terhadap pendidikan teknik, kejuruan dan pendidikan tinggi, termasuk universitas, yang terjangkau dan berkualitas.
4.3.1 Angka Partisipasi Kasar (APK) Perguruan Tinggi (PT). Badan Pusat Statistik % - - - - - -
Target 4.4. Pada tahun 2030, meningkatkan secara signifikan jumlah pemuda dan orang dewasa yang memiliki keterampilan yang relevan, termasuk keterampilan teknik dan kejuruan, untuk pekerjaan, pekerjaan yang layak dan kewirausahaan.
4.4.1 Proporsi remaja dan dewasa dengan keterampilan teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Badan Pusat Statistik % - - - - - -
Target 4.5. Pada tahun 2030, menghilangkan disparitas gender dalam pendidikan, dan menjamin akses yang sama untuk semua tingkat pendidikan dan pelatihan kejuruan, bagi masyarakat rentan termasuk penyandang cacat, masyarakat penduduk asli, dan anak-anak dalam kondisi rentan.
4.5.1 Rasio APM Perempuan/Laki-laki di SD/MI/sederajat Dinas Pendidikan % - n/a - - - -
4.5.2 Rasio APM Perempuan/Laki-laki di SMP/MTs/sederajat Dinas Pendidikan % - n/a - - - -
4.5.3 Rasio APK Perempuan/Laki-laki di SMA/SMK/MA/sederajat Badan Pusat Statistik % 1,36 - 0,92 1,24 0,97 -
4.5.4 Rasio APK Perempuan/laki-laki di Perguruan Tinggi Badan Pusat Statistik % - - - - - -
Target 4.6. Pada tahun 2030, menjamin bahwa semua remaja dan proporsi kelompok dewasa tertentu, baik laki-laki maupun perempuan, memiliki kemampuan literasi dan numerasi.
4.6.1 Persentase angka melek aksara penduduk umur ≥15 tahun. Badan Pusat Statistik % 30,19 85,41 97,59 97,82 97,83 -
4.6.2 Persentase angka melek aksara penduduk umur 15-24 Badan Pusat Statistik % 18,30 20,22 23,10 21,49 21,61 -